smpn1maros@gmail.com
smpn1maros@gmail.com

Bimtek Koding di SMPN 1 Turikale Maros: Program BBPSDMP Komdigi Makassa

Maros, 17 September 2025 — Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Makassar, di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), sukses menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Coding selama dua hari, 16–17 September 2025, di SMPN 1 Turikale, Kabupaten Maros.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program nasional Pengenalan Coding untuk Siswa SMP/Sederajat, yang bertujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan abad 21 di kalangan pelajar. Empat sekolah yang berpartisipasi adalah SMPN 1 Turikale, SMPN 2 Maros, SMPN 6 Moncongloe, dan SMP TI Matahari Moncongloe, dengan total peserta lebih dari 120 siswa.

Acara pembukaan dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kepala BBPSDMP Makassar, Komdigi, Drs. Baso Saleh, M.I.Kom, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Maros adalah Andi Wandi Bangsawan Putra Patabai, S.STP., MM. , Kepala Seksi Kurikulum, , serta Kepala SMPN 1 Turikale, Dr. Nila Sari Latif, M.Pd. Kehadiran para pemangku kepentingan ini menunjukkan sinergi kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung transformasi digital pendidikan.

Apresiasi untuk Siswa Berprestasi

Sebagai bentuk penghargaan atas semangat belajar dan pencapaian peserta, BBPSDMP Makassar memberikan door prize berupa smartwatch kepada siswa dengan nilai tertinggi dalam tes akhir. Sebanyak delapan siswa menerima hadiah pada hari pertama, disusul tiga siswa tambahan di hari kedua, sehingga total penerima mencapai 11 orang.

Langkah Strategis Menuju Pendidikan Digital

Melalui pendekatan berbasis proyek dan interaktif, Bimtek Coding ini tidak hanya memperkenalkan dasar-dasar pemrograman, tetapi juga mendorong kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah di kalangan siswa. Program ini menjadi bagian dari komitmen BBPSDMP Makassar dalam membangun ekosistem pembelajaran digital yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah Indonesia Timur.

Leave a Reply